Jumat, 09 Maret 2012

Kelp


1. Definisi Kelp



     Kelp merupakan jenis sayuran laut dan sumber mineral, termasuk yodium, kalium, magnesium, kalsium, dan besi. Manfaat bagi kesehatan adalah mencegah kekurangan yodium.
      Laminaria adalah kelp yang paling tua di dunia dan merupakan genus dominan di Atlantik Utara, Cina, dan Jepang. Ecklonia radiata umumnya dikenal di bagian dunia yang selatan seperti Australia dan Afrika selatan. Biomassa (berat basah) Ecklonia di Cape Town dapat mencapai 7 kg/m². pada tepi pantai (inshore) sampai kedalaman 8 meter di dominasi oleh biomassa Ecklonia maxima, sedangkan kedalaman 8 – 20 meter tumbuh Laminaria pallid.



2. Anatomi Kelp



     Kelp menempel pada substrat tidak dengan akar, tetapi dengan struktur yang disebut holdfast kemudian timbul batang atau cabang yang disebut stipe dan diakhiri dengan satu atau lebih daun (Blade) yang gepeng dan lebar. Di pangkal daun terdapat pneumatokis atau pelampung, yang menjaga daun tetap di permukaan. Seperti halnya fitoplankton, kelp mendapatkan makanannya langsung dari air laut. Kelp mengandalkan gerakan air yang melewatinya secara konstan untuk menghindari kekurangan nutrien. Pada perairan dangkal secara konstan dipengaruhi oleh aktivitas ombak dan arus, maka nutrient akan tersedia terus melalui turbulensi, upwelling, dan masukan dari daratan. Kekurangan nutrient pada kelp jarang terjadi. Pertumbuhan kelp umumnya subur dan membentuk “kebun kelp”.


3. Manfaat Kelp
  1. Secara tradisional, kelp digunakan untuk mencegah gondok dan gangguan tiroid. 
  2. Digunakan sebagai bahan pembuat kapsul dari ekstraksi alginatnya.


4. Persebaran Dan Dominasi Kelp




     Kelp ditemukan diwilayah sub-tropics pada perairan dangkal pesisir terbuka, dan dibatasi untuk suhu kurang dari 20ºC, tergantung pada cahaya untuk fotsintesis jarang tumbuh pada perairan lebih dari 15 – 40 meter. Kelp memiliki kapasitas tingkat pertumbuhan yang paling luar biasa di kerajaan tanaman. Di California selatan, Macrocystis biasa tumbuh 30 cm per hari.
     Kelp utama yang mendominasi dan membentuk struktur dasar “kebun kelp” adalah Macrocystis, Nereocystis, dan Laminaria. Pantai pasifik Amerika utara maupun selatan didominasi oleh Macrocystis, sementara Laminaria mendominasi perairan Atlantik. Tidak seperti kebanyakan alga kecil yang panjangnya tidak melebihi beberapa sentimeter, sebagian besar kelp tumbuh sebagai raksasa yang panjangnya sama dengan pohon-pohon di darat. Macrocystis dan Nereocystis di Amerika utara dapat mencapai panjang 20 – 30 m. tanaman raksasa ini tumbuh dari dasar dan merentangkan daunnya dipermukaan air untuk mendapatkan cahaya yang maksimum. Daun-daun kelp membentuk “tudung” yang mirip dengan hutan-hutan terrestrial, dan menghalangi masuknya cahaya ke substrat dibawahnya.